PeduliLindungi, Aplikasi Buatan Pemerintah Untuk Lacak Jejak Pasien Virus Corona

0

Lindungi.com – Pemerintah indonesia terus melakukan berbagai upaya untuk memberantas penyebaran virus corona atau Covid19 di tengah-tengah masyarakat.

Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah indonesia adalah menyiapkan aplikasi bernama PeduliLindungi yang dapat melacak jejak pasien corona selama 14 hari kebelakang.

Aplikasi PeduliLindungi dibuat dan dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan informatika atau KOMINFO

Fitur yang terdapat dalam aplikasi tersebut diklaim tak kalah canggih dengan aplikasi Trace Together buatan singapura, aplikasi PeduliLindungi akan tersedia dan bisa didownload di Playstore dan Appstore.

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan aplikasi PeduliLindungi adalah buatan anak bangsa ya g akan terintergasi dengan data di Gugus Tugas Penanggulangan Covid19.

“Aplikasi ini dikembangkan oleh anak bangsa, operator seluler Indonesia. Setara dengan yang dikembangkan di Singapura. Pada intinya aplikasi ini dikembangkan atau dibuat agar mampu melakukan penelusuran, pelacakan, dan pengurungan,” ujar Johnny G. Plate seperti dikutip Lindungi.com, Jumat (27/3/2020).

Sementara itu Menurut Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo Ahmad Ramli aplikasi bernama PeduliLindungi dikembangkan di Indonesia sehingga tidak bisa dikatakan sama dengan Trace Together di Singapura. Meski begitu fitur kemampuannya dijamin tak kalah canggih.

Meski begitu hingga saat ini aplikasi tersebut belum tersedia di Playstore ataupun Apps Store, pihaknya mengatakan aplikasi tersebut akan segera tersedia beberapa hari kedepan.