Wabah Corona, Sampah Masker Cemari Lingkungan, Pengamat Minta Pemerintah Bertindak

0

Lindungi.com – Pandemi Novel Coronavirus atau Covid19 membawa segudang masalah ke tengah masyarakat, selain mengancam kesehatan, Covid19 juga membawa dampak buruk ke berbagai lini kehidupan, salah satunya kepada lingkungan.

Mewabahnya Novel Coronavirus atau Covid19 membuat masyarakat harus menggunakan masker saat melakukan aktifitas sehari-hari. Masker sintetis yang digunakan sehari sekali itu kemudian menimbun sampah masker yang tergolong kedalam sampah residu yang mencemari lingkungan.

Hal tersebut diucapkan oleh Direktur Eksekutif Enviromental Conservation Organization (Ecoton), Prigi Arisandi seperti dikutip Lindungi.com dari Antara, Selasa (24/3/2020).

“Masker di pasaran umumnya nonwoven (sintetis) sehingga masuk kategori sampah residu’” ujar Prigi Arisandi.

Sebagai solusi menanganinya ia mengungkapkan bahwa pemerintah daerah harus ikut serta bertindak untuk mengatasi sampah-sampah masker tersebut.

“Pengolahannya harus di-dumping di TPA, sehingga untuk antisipasi jumlah sampah masker yang jumlahnya bakal melimpah maka pemerintah daerah dan kabupaten harus menyediakan layanan kontainer khusus sampah bekas masker,”  pungkasnya.