Lindungi.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menggelar kegiatan kongres sampah yang diadakan di Kesongo, Semarang, Minggu (12/10/2019). Kegiatan tersebut merupakan komitmen Pemprov Jateng dalam mengendalikan sampah yang dirasa butuh solusi secepat mungkin karena semakin hari volume sampah di Indonesia mencapai level darurat.

Dalam kegiatan tersebut Pemprov bakalan melibatkan sejumlah pengusaha, pemerintah, masyarakat, akademisi, aktivis hingga pemulung untuk membahas bagaimana cara penuntasan penanganan sampah.

Bahkah sejumlah selebgram seperti Awkarin juga bakalan dilibatkan dalam kegiatan ini. Karena beberapa kali dirinya tampil dalam kegiatan peduli lingkungan dan sering mengajak pada para followernya untuk peduli lingkungan.

Kongres yang pertama kali digelar di Indonesia itu nantinya diharapkan menghasilkan output berupa kebijakan yang akan mengikat pemerintah pusat hingga desa.

“Keputusan dapat berupa regulasi dan turunannya sampai pada tingkat eksekusi,” kata Putut Yulianto, inisiator acara tersebut.

Selain itu poin lain yang disampaikan adalah terkait infrastruktur, edukasi hingga pembagian tugas di setiap wilayah pemerintah.

“Ketiganya harus saling mendukung, kalau hanya mementingkan infrastruktur tanpa memberi edukasi ya sama saja percuma, dan kalau tanpa adanya pembagian tugas yang jelas tidak ada gunanya,” lanjutnya.