SMK Ilhami Aikmel di Lombok, Gelar Upacara 17 Agustus di Atas Tumpukan Sampah

Lindungi.com – Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia 74 tahun di gelar secara berbeda oleh SMK Ilhami Aikmel di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Sabtu (17/08/2019). Upacara 17 Agustus yang terlaksana atas kerjasama SMK Ilhami Aikmel dengan Pemuda Dusun Cepak Daya tersebut mengambil tempat di sungai Pesanggerahan Aikmel yang dipenuhi oleh tumpukan sampah.

Menurut penggagas kegiatan tersebut, M. Putradi Zaki, pemilihan lokasi upacara bendera 17 Agustus di tumpukan sampah Sungai Pesanggerahan bertujuan untuk menyadarkan masyarakat sekitar akan pentingnya menjaga lingkungan.

Tak hanya itu, pada kegiatan tersebut, siswa dan siswi yang terlibat juga mendapatkan edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan, sebab dalam perjalanan menuju lokasi kegiatan dari sekolah yang berjarak sekitar 1 kilometer, setiap siswa dihimbau untuk memungut sampah yang mereka temui disepanjang perjalanan dengan menyimpannya kedalam sebuah tas yang terbuat dari karung.

SMK Ilhami Aikmel Lombok, Gelar Kegiatan Upacara Bendera 17 Agustus di Atas Tumpukan Sampah, Sabtu (17/8/2019)

Selain siswa dan siswi SMK Ilhami, kegiatan upacara bendera di atas tumpukan sampah di sungai Pesanggerahan itu juga melibatkan para tokoh masyarakat dan pemuda Dusun Cepak Daya, akademisi dari Ilmu Komunikasi Universitas Mataram, serta unsur pemerintah dari Pegawai Dispora Lombok Timur, Pegawai Disnakertrans Lombok Timur, Pegawai Dispenda Lombok Timir, hingga dari unsur komunitas seperti Sanggar Rakjat Cepak dan Belpas Peduli yang fokus dalam pengelolaan sampah.

Tak hanya sebatas seremonial, seusai kegiatan upacara, pada lokasi tersebut juga akan dilakukan kegiatan bersih bersih sampah yang melibatkan komunitas-komunitas yang bergerak dalam pengelolaan sampah hingga mahasiswa KKN Universitas Mataram yang ditempatkan di desa Aikmel Induk.