Lindungi.com – Banyak orang yang beranggapan jika rokok berasal dari bahan alami, tembakau. Maka membuang puntung rokok ke tanah bukanlah masalah besar. Namun kenyatannya, puntung rokok merupakan penyebab utama kerusakan lingkungan.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Anglia Ruskin (ARU) , Inggris misalnya telah menemukan jika racun yang terkandung di dalam filter rokok dapat merusak tumbuh-tumbuhan. Uji coba yang dilakukan dengan tumbuhan semanggi menghasilkan bahwa puntung rokok dapat menghambat pertumbuhan dan mempengaruhi berat akar tanaman.

“Sisa puntung rokok telah menghambat pertumbuhan panjang pucuk semanggi sebesar 27% dan mengurangi berat akar menjadi 57%. Padahal tumbuhan ini sangat penting bagi lebah dan dapat menyerap polusi dari asap diesel” Kata Dr Dannielle Green, Dosen senior bidang geologi ai Universitas Anglia Ruskin (ARU)

Diperkirakan 4,5 triliun sampah rokok dibuang setiap tahunnya. Padahal filter rokok yang berasal dari serat selulosa asetat-yang setara dengan bioplastik-membutuhkan waktu lama untuk melebur.

Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran dari berbagai pihak untuk peduli terhadap lingkungan, utamanya tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Lindungi.com/Nur Wakhidah