Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti (Instagram @Susipudjiastuti115)

Lindungi.com – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengungkapkan kekhawatirannya dengan banyaknya sampah plastik yang mencemari lautan Indonesia.

Hal itu menurut Susi Pudjiastuti terjadi lantaran banyaknya masyarakat yang masih kurang peduli dengan kelestarian lingkungan, terlebih yang masih menggunakan plastik sekali pakai, banyaknya konsumi plastik mengakibatkan sampah-sampah plastik yang dibuang sembarangan setelah dipakai itu bermuara ke laut.

Menyikapi permasalahan tersebut, Susi Pudjiastuti meminta masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, jika masyarakat tak bijak menggunakan plastik, ia memperkirakan lautan Indonesia akan lebih banyak dihuni oleh sampah plastik dari pada ikan.

“Kalau tidak mengurangi dampak sampah plastik sekali pakai, akan mengancam khususnya di laut kita pada 2040. Sampah plastik bisa lebih banyak dari pada ikan nanti, kita makannya protein plastik!,” ujar Susi Pudjiastuti dalam acara Tolak Penggunaan Sampah Sekali Pakai di Monas, Jakarta Pusat, belum lama ini.

“Sampah plastik 70 persennya berakhir di lautan kita. Pulang dari sini janji tidak mau lagi pakai kresek, kita pakai tas dari kain, see the future, beautiful bag, cantik kan,” tutupnya.