Ilustrasi Danone Indonesia (Liputankarir.com)

Lindungi.com – Danone Indonesia terus berupaya melakukan inovasi dalam berbagai produk miliknya, inovasi tersebut dilakukan untuk mengurangi sampah plastik di Indonesia, seperti kita ketahui Danone Indonesia memiliki produk air mineral dan isotonik dimana produknya menggunakan plastik seperti Aqua dan Mizon.

Dalam wawancara dengan Lindungi.com, Sr Sustainable Packaging Manager Danone Indonesia, Ratih Anggraini, menjelaskan upaya Danone Indonesia untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di Indonesia.

Setidaknya ada 3 cara yang kini dilakukan Danone Indonesia, dikemas dengan Gerakan Bijak Berplastik, Danone Indonesia sudah meluncurkan gerakan tersebut pada awal tahun 2019 di Bali.

“Kita ingin menjawab tantangan sampah plastik adalah dengan 3 hal melalui pengumpulan, melalui edukasi dan inovasi dari kemasan kita jadi apa namanya kita bilang bijak berplastik kita bijak dalam menggunakan dan mengelola sampah plastik yang kita gunakan,” ujar Ratih Anggraini.

Cara pertama yang dilakukan adalah dengan mengajak masyarakat untuk mengumpulkan sampah botol plastik bekas yang mereka gunakan. yang kedua Danone Indonesia akan terus melakukan edukasi tentang perilaku memilah dan mendaur ulang sampah botol plastik.

“Ada 3 pilar yang pertama untuk pengumpulan, kita mengumpulkan sebanyak mungkin sampah plastik yang pasti lebih banyak dari yang digunakan, yang kedua kita ingin melakukan edukasi untuk prilaku memilah dan mendaur ulang buat konsumen kita, kita ingin menjangkau lebih dari 100 juta konsumen di seluruh indonesia dan kita juga ingin menjangkau 5 juta anak muda,” ujarnya lagi.

Tak sampai disitu, Danone Indonesia juga akan terus melakukan inovasi agar nantinya produk mereka menggunakan botol plastik yang dapat didaur ulang, dibawah Departemen Sustainable Development, Danone Indonesia ingin menunjukkan komitmen mereka terhadap pelestarian lingkungan.

“Kemudian yang ke 3 kita ingi pastikan kemasan kemasan plastik kita sendiri itu nantinya bisa didaur ulang seperti itu,” tuturnya.

“Dibawah departemen Sustainable Development di Danone Indonesia kita memang ingin menjawantahkan komitmen Danone dalam pelestarian lingkungan dan masyarakat dimana salah satunya adalah bagaimana kita bisa bertanggung jawab atas kemasan kita, nah ini adalah salah satu program yang kita lakukan. nantinya kita ingin gunakan kemasan yang seratus persen bisa didaur ulang dan digunakan kembali atau dijadikan kompos seperti itu,” tutup Ratih Anggraini.