Lindungi.com – Personil grup musik RAN, tak mau ketinggalan menunjukkan kepeduliannya akan kelestarian lingkungan, Rayi RAN salah satunya, Ia mengatakan rekan-rekannya sesama personil grup musik RAN sudah memulai langkah untuk ramah lingkungan sejak tahun 2018.

“Kita lihat di lingkungan manggung apa yang bisa dikurangi,” kata Rayi RAN saat ditemui pada acara talkshow Envirochallenge di gerai The Body Shop Senayan City, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019).

Rayi dan para personil RAN lainnya kemudian menyadari bahwa dalam sekali manggung mereka bisa menghabiskan sekitar 100 botol minum kemasan, dari sebelum hingga setelah manggung di satu acara.

Karena alasan itu, RAN dan tim kemudian mencoba mengurangi sampah plastik. kepada panitia konser yang mengundang, mereka meminta agar tidak diberikan botol minum plastik melainkan disediakan dispenser.
Para personil RAN juga selalu membawa tumbler mereka masing-masing dalam setiap kegiatan.

“Kita beli tumbler sendiri untuk dibawa kemana-mana. Bahkan bikin hardcase untuk tumbler-nya,” kata Rayi RAN.

Berbagai Tindakan Sederhana untuk Mengurangi Penggunaan Plastik Dari langkah tersebut, setidaknya RAN sudah bisa ikut mengurangi sebanyak 100 sampah botol plastik.

Sehingga dalam seminggu, mereka sudah bisa mengurangi ratusan sampah botol plastik. Langkah ini, kata Rayi, kemudian diikuti juga oleh beberapa musisi lain.
“Relatif mudah tapi dampaknya bisa terasa,” ujar Rayi RAN.

Rayi kemudian menghimbau kepada masyarakat agar mengikuti langkahnya untuk  memulai mengurangi sampah plastik, Rayi berpesan untuk tak menganggapnya sebagai hal yang sulit.

“Kadang kesannya kok berat atau susah. Sebenarnya sih enggak ribet dan sebegitu sulitnya,” lanjutnya.

Rayi juga mengatakan ketika berusaha untuk mengurangi plastik tidak semerta merta berarti tak menggunakan plastik sama sekali namun paling tidak mengurangi penggunaannya.

“Itulah yang kita perlu usahakan bersama karena akan ada dampak baik yang ditimbulkan,” tutupnya.