Tulus di Pameran
Tulus di Pameran "Laut Kita" (Foto ANTARA/ Alya Rahma Widyati)

Lindungi.com – Penyanyi Tulus ikut serta mengkampanyekan kelestarian lingkungan dalam hal ini dengan mengurangi penggunaan sampah plastik, Tulus hadir dalam Pameran Laut Kita dan menyumbangkan lagu dalam rangka kampanye mengajak masyarakat lebih peduli akan kelestarian lingkungan.

Tulus mengakui untuk mulai membiasakan diri mengurangi sampah plastik merupakan hal yang lumayan sulit, namun setelah mengetahui fakta fakta tentang lamanya proses penguraian sampah plastik tersebut mendorong tekadnya untuk memulai gaya hidup baru yang lebih ramah lingkungan.

“Saya pribadi masih belum dewasa dalam penggunaan sampah plastik. pengetahuan saya tentang plastik tidak bisa diuraikan hanya terbatas sampai di situ saja. Tapi faktanya ternyata kondisinya lebih mengerikan dari yang saya bayangkan,” ujar Tulus.

Kini, Tulus berjanji akan memulai mengurangi penggunaan sampah plastik, terlebih sampah plastik yang bermuara di lautan justru menjadi penyebab banyaknya sampah plastik di laut, tentu hal itu mempengaruhi ekosistem laut.
“Jadi selain saya belajar banyak tentang lebih bijak menggunakan plastik dalam keseharian, yang kedua saya ikut sumbang-sumbang lah,” ujarnya lagi

Bentuk nyata aksi yang ia lakukan, Tulus kini selalu membawa bekal makanan dari rumah, ia juga sudah tak mau menggunakan sedotan plastik serta mengurangi penggunaan kantong kresek plastik dengan membawa totebag dari rumah saat berbelanja ke swalayan.

“Saya membawa bekal makanan dari rumah, alat makan saya bawa dari rumah beserta sedotan dan kalau ke pasar membawa kantong sendiri,”  sambung Tulus.

Tulus berharap gaya hidup yang ramah lingkungan dapat ditiru dan dilakukan semua orang, sebab jika dilakukan banyak orang tentu dampak yang akan dihasilkan juga akan semakin besar.

“Kita berharap masyarakat ikut serta, ayo jaga lingkungan, sedikit kontribusi kita jika dilakukan bersama akan berdampak besar,” kata pelantun lagu “Gajah” tersebut.