YFCC Yogyakarta Berkolaborasi Dengan Herbiforus
YFCC Yogyakarta Berkolaborasi Dengan Herbiforus

Lindungi.comSebuah komunitas lingkungan yang peduli terhadap isu perubahan iklim bernama Youth For Climate Change atau YFCC di Daerah Istimewa Yogyakarta tetap eksis selama 7 tahun berdiri.

YFCC Yogya dalam gerakannya berfokus pada upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, kini komunitas yang biasanya disebut YFCC Yogya itu dipimpin oleh Haze Cendera, ia menjadi ketua YFCC Yogya yang ke 7.

Dalam perjalananya YFCC Yogya tak selalu berjalan mulus, pasang surut dinamika organisasi mewarnai perjalanan YFCC Yogya, meski begitu komunitas yang sudah memiliki ratusan anggota dan alumni itu tetap kokoh berdiri memperjuangkan isu isu perubahan iklim ditengah masyarakat Yogyakarta.

Adapun YFCC Yogyakarta baru saja usai mengelar serangkaian tahapa Open Recruitment untuk menjaring anggota baru, saat dihubungi Lindungi.com, ketua YFCC Yogyakarta, Haze Cendera menceritakan banyak hal, ia menjelaskan fokus dari komunitas yang dipimpinnya, hingga hambatan dalam kolaborasi menyuarakan isu lingkungan dengan komunitas sejenis di Yogyakarta.

“Fokus dari YFCC Yogya di tahun 2019 adalah pelatihan dan pembelajaran bagi anggota tentang perubahan iklim yang terjadi di indonesia khususnya Yogyakarta,” ujar Haze Cendera.

Haze Cendera kemudian menjelaskan YFCC Yogyakarta mempunyai fokus yang berbeda dengan komunitas sejenis yang ada di Yogyakarta yakni dengan berfokus pada isu perubahan iklim.

“Beda YFCC Yogya dengan komunitas lingkungan lain adalah fokus dari YFCC perubahan iklim, perubahan iklim adalah sub dari lingkungan,” ujarnya lagi.

YFCC Yogyakarta yang mempunyai 52 anggota aktif juga terus ingin berkolaborasi dengan berbagai komunitas yang menyuarakan isu yang sama di Yogyakarta, komunitas-komunitas tersebut juga mempunyai wadah komunikasi bersama dalam aliansi yang bernama Forum Jogja Peduli.

“YFCC aktif dalam aliansi komunitas lingkungan dan Forum Jogja Peduli. aliansi dan FJP tersebut adalah wadah untuk komunitas lingkungan bergerak di satu bidang yg sama yaitu lingkungan,” tuturnya.

YFCC Yogyakarta mempunyai banyak program yang sudah dijalankan seperti YFCC Goes to Village yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat desa tentang perubahan iklim, mereka juga mempunyai program bernama YFCC Goes to School dimana bertujuan untuk mengenalkan perubahan iklim ke siswa Sekolah.

Selain itu alam menjalankan berbagai programnya, YFCC juga menjalin kerjasama atau kolaborasi dengan berbagai komunitas yang mempunyai visi untuk menyuarakan hal yang sama.