Tasya Kamila dan Randi Bachtiar
Tasya Kamila dan Randi Bachtiar, Sumber: Instagram @Tasyakamila

Lindungi.com – Disamping kesibukannya menjadi artis dan pembicara, Tasya Kamila memiliki perhatian lebih terhadap lingkungan. Sudah sejak lama ia aktif terlibat dalam kegiatan berbau lingkungan hidup. Bahkan perempuan yang akan menjadi seorang ibu dari buah cintanya bersama sang suami Randi Bachtiar itu juga pernah menjadi Duta Lingkungan Hidup.

Selain itu, Tasya juga merintis yayasan non-profit yang bergerak di bidang lingkungan yaitu Green Movement dan memasukkan energi ramah lingkungan ke pelosok Indonesia yaitu di wilayah Sumba.

Tasya Kamila konsisten menyuarakan isu-isu lingkungan, seperti halnya permasalahan sampah, menurutnya membuang sampah tanpa dikelola sama saja dengan merusak lingkungan karena sampah-sampah yang tidak dikelola dapat menyebabkan perubahan iklim serta pencemaran lingkungan, udara, air, tanah.

Ia juga bekerja sama dengan kementerian lingkungan hidup untuk sosialisasi pengelolaan sampah sudah sejak lama dan sampai sekarang itu masih terus digencarkan.

“Bayangkan saja, laut yang bagus saja, pencemarannya juga parah, bagaimana lagi dengan lautan yang memang sudah benar-benar tercemar? Apa jadinya biota-biota di laut nanti?,” ujar Tasya Kamila.

Manurut Tasya Kamila, menularkan virus cinta lingkungan kepada orang-orang di sekelilingnya bukanlah persoalan hal yang mudah, awalnya Tasya Kamila mengatakan hanya mengajak orang orang terdekatnya seperti keluarga untuk sadar akan permasalahan lingkungan, namun kini ia dapat lebih luas bersuara melalui media sosial.

“Saat awal coba ajak keluarga sendiri, suka ngak yakin dan punya banyak alasan tapi saya terus semangat dan terus menyemangati orang sekitar. Beruntung, dengan kehadiran sosial media, saya lebih mudah merangkul banyak orang. Saya bisa membagikan konten positif tentang lingkungan atau konten yang bisa menyadarkan orang mengenai bahaya sampah, isu-isu yang terjadi di Indonesia dengan kita mulai dengan jatuh cinta pada sampah.” ujarnya lagi.

Beruntung meski kini telah menikah dengan Randi Bachtiar, sang suami selalu mendukung langkah Tasya Kamila.

“Dia tahu kalau saya juga duta lingkungan hidup. Jadi, dia mendukung. Dia sendiri ikut senang bisa ikut berkontribusi untuk lingkungan. Saya juga menilai milenial zaman sekarang, kalau bisa contribute sesuatu, buat lingkungan dan komunitas, kita akan merasa ada rasa self-achievement, seperti dapat rewarding tersendiri dan itu yang kita bangun di antara kita berdua untuk saling cinta sampah sebagai bukti cinta kita kepada lingkungan kita.” pungkas Tasya Kamila.

Penulis : M. Machfudz Sa’idi